rolling stonephoto : www.ohmymag.com

Lagu Satisfaction Bikin Tenar Rolling Stone

MUSIK

The Rolling Stone memang sebuah grup band yang gak ada matinya. Grup band dari era 60’an ini masih mampu mencengkeramkan kukunya sampai masa sekarang. Hampir semua penikmat musik dari berbagai generasi mengenal grup band ini, bahkan lagu-lagunya masih diputar di berbagai radio di manca negara termasuk Indonesia.

Salah satu lagu mereka yang melegenda dan menjadi ciri satu era adalah I Can’t Get No Satisfaction. Lagu inilah yang menjadi awal perubahan The rolling Stone, tidak hanya itu, mereka bahkan seolah membentuk budaya pada era masa itu. Lagu ini sangat terkenal dan bertahan dari generasi ke generasi.

Mick Jagger, sang vokalis mengungkapkan pada majalah Rolling Stone, “Lagu ini yang membuat Rolling Stones benar-benar terkenal.”
“Lagu ini mengubah kami dari kelompok musik biasa menjadi kelompok besar, kelompok raksasa”, tambah Jagger.

Hanya dalam waktu beberapa minggu setelah dirilis (1965), Satisfaction meraih nomor 1 di Amerika Serikat dan bertahan di peringkat atas selama tiga bulan. Rolling Stones yang baru membuat reputasinya sebagai pemusik blues murni dan menulis lagu asli mereka, langsung berada di tangga teratas.

Lirik dalam lagu ini penuh dengan sarkasme dan seks yang merupakan serangan kepada masyarakat yang hidup lurus, menjadikan setiap suku kata yang dilantunkannya menjadi tuduhan, dinyanyikan dengan hasrat emosi dan emosi seorang pemuda.

Sindiran-sindiran dalam lagu ini pun sempat membuat sejumlah program deg-degan. Ditambah pula petikan gitar Richards yang melengking, menjadikan lagu ini bagai cengkraman jari ke hati pendengarnya. Lagu ini sempat disensor di sebuah stasiun radi yang lumayan besar di New York City dan beberapa program televisi. Satisfaction memang dipandang sebagai serangan/ancaman bagi generasi lebih tua, dan mapan dalam kehidupan mereka.

Banyak artis besar yang menyanyikan lagu ini, mulai dari aretha Franklin sampai Britney Spears, dan masih banyak deretan artis lainnya yang menyanyikan lagu ini dengan versinya masing-masing. Mereka membawakan lagu ini dengan baik dan nyaman untuk disimak, menambah reputasi lagu ini semakin kekal.

Arentha Franklin, misalnya, memperkuat versi lagu Satisfaction dengan pianonya, dan membawa lagu itu kembali ke tangga lagu pop pada tahun 1968. Beberapa versi lainnya yang muncul belakangan banyak yang menggunakan tangga nada berbeda. Britney Spears mebawa lagu ini menjadi ala funky, Cat Power bahkan menjadikan lagu ini seperti ratapan akustik yang penuh rasa frustrasi.

Mick Jagger pernah bersumpah, tahun 1969, dia tidak akan menyanyikan (I Can’t Get No) Satisfaction pada saat usia 50 tahun. Kini Jagger telah berusia 71 tahun, ternyata dia dan The Rolling Stone-nya masih membawakan lagu (I Can’t Get No) Satisfaction.

 

Gitar George Harrison Terjual $485.000
Green Day Masuk Rock and Roll Hall of Fame 2015
Tenholes menggairahkan kembali musik punk rock
Bintang musik pop Rihana akan konser di Kuba?
Setelah album pertamanya dirilis gitaris BB King digelari Kings of Blues


Trending Post

  • George Harrison

    +
    george harrison

    Gitar George Harrison terjual dengan harga $485.000.

    Read more ...
  • American Idol dihentikan

    +
    american idol

    Acara yang menyedot jutaan pemirsa ini dihentikan. Kenapa?

    Read more ...
  • Green Day masuk Hall of Fame

    +
    grup musik green day

    Green Day masuk Rock and Roll Hall of Fame 2015.

    Read more ...