bb kingphoto:http://blogs.escolaturbula.com

Setelah album pertamanya dirilis gitaris BB King digelari Kings of Blues

MUSIK

Riley B. King lahir pada 16 September 1925 dari keluarga petani kapas di Itta Bena, Mississippi dan yang akhirnya terkenal dengan nama B.B King. Semenjak kecil ia dibesarkan oleh neneknya, pasca perpisahan orang tuanya.Tahun 1948 King aktif di dunia musik, panggung demi panggung dinaikinya.

King sempat pula bergabung dan mengabdi untuk US ARMY atau angkatan darat Amerika Serikat. Setelah pengabdiannya selesai kemudian dia merintis karir sebagai DJ atau disc jockey di kota Memphis, Tennessee. Saat inilah ia mendapat julukan baru, yaitu Beale street Blues Boy yang kemudian disingkat menjadi B.B King.

King, yang pernah menjadi remaja aktif kelompok gospel, merekam lagu pertamanya You Know I Love You pada tahun 1949. Sejak saat itu King menjadi popular, bahkan ia diberi gelar sebagai Kings of Blues. Walaupun dengan gelar yang sedemikian hebat, kehidupan King jauh dari gosip. Pada tahun 2012 kisah hidup King difilmkan dalam sebuah film dokumenter yang berjudul B.B King: The Life of Riley.

Pada tahun 1970 King meraih penghargaan pertamanya berkat lagunya yang berjudul The Thrill is Gone untuk kategori Best R&B Vocal Performance Male. Tidak hanya itu saja, dari 30 kali dinominasikan di Grammy King memenangkan setengahnya.

Perusahaan gitar Gibson telah resmi menamakan gitar Gibson tipe ES-355 sebagai tipe Lucille bahkan memproduksinya khusus untuk King. Ada cerita menarik dibalik nama gitar Lucille ini. Sekitar pertengahan tahun 1950, king mengadakan konser di Arkansas dan terjadi kerusuhan dan pembakaran di lokasi konsernya, King pun lari terbirit-birit dan meninggalkan gitarnya. King kembali beberapa saat kemudian untuk mengambil gitar Gibson tipe ES-355nya. Sumber kerusuhan tersebut akhirnya diketahui oleh King, ternyata perkelahian dua orang pria yang memperebutkan seorang wanita yang bernama Lucille. King pun menamakan gitarnya Lucille.

Selain seorang gitaris, penyanyi, King juga penulis lagu. Majalah Rolling Stone memberikan rangking nomer 6 pada peringkat seratus gitaris terhebat sepanjang masa pada tahun 2011.

B.B King meninggal dunia pada 14 mei 2015 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, akibat penyakit diabetes tipe II. King memiliki tiga orang anak: Patty King, Shirley King dan Claudette King. Banyak Musisi yang mengikuti jejak King, diantaranya John Mayer, Sheryl Crow, Stevie Ray Vaughan bahkan Eric Clapton.



Trending Post

  • George Harrison

    +
    george harrison

    Gitar George Harrison terjual dengan harga $485.000.

    Read more ...
  • Lagu Neil Young di bajak?

    +
    neil young

    apakah Neil Young membenci Donald Trump?

    Read more ...
  • Green Day masuk Half of Fame

    +
    grup musik green day

    Green Day masuk Rock and Roll Hall of Fame 2015.

    Read more ...