greenday photo dari: rollingstone.com

Green Day Masuk Rock and Roll Hall of Fame 2015

MUSIK

Green Day adalah sebuah band  beraliran punk rock  yang didirikan di Berkeley California pada 1987. Band ini mempunyai anggota tiga orang yaitu Billie Joe Armstrong, Tre Cool dan Mike Dirnt.  Eksistensi Green Day diakui karena keberhasilannya mengangkat genre punk rock populer kembali.

Dookie adalah album Green Day (GD) yang dikeluarkan pada tahun 1994, sukses menyandang status diamond dari RIAA dan membuat GD ke puncak karier mereka. Namu demikian 3 album lainnya dari GD tidak seberhasil album Dookie. Album mereka pada tahun 2004 yaitu opera rock, American Idiot, dapat mengembalikan kembali popularitas mereka dan dapat menambah fans generasi muda. American Idiot berhasil dijual lebih dari 5 juta copy di Amerika.. GD telah berhasil memenangkan 5 penghargaan Grammy Awards yaitu Best Alternative.

Setelah lebih dari seperempat abad berkiprah di blantika musik dunia, akhirnya Green Day resmi terpilih untuk masuk Rock and Roll Hall of Fame 2015. Mereka, Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Cool menerima anugerah bergengsi tersebut di Cleveland, Amerika pada tanggal 18 april 2015.

Pada saat itu Green Day berterima kasih yang ditujukan kepada semua orang yang telah mendukung mereka sejak 1986, demikian pernyataannya pada hari penerimaan penghargaaannuya, "Musik adalah kekuatan yang membangunkan kami di pagi hari, dan juga yang membuat kami tetap terjaga di malam hari, ujar sang drummer Tre Cool, seperti dilansir NME, 20 April 2015. "Saya selalu cinta musik rock & roll. Sejak membuka mata dan bernapas pertama kali, saya seorang penggemar," demikian sang frontman Billie Joe Armstrong.

Rock and Roll Hall of Fame adalah sebuah museum, yayasan, dan penghargaan, yang diberikan untuk menghargai para penyanyi, musisi, band, grup vokal, dan instrumentalis yang dinilai telah memberikan jasa yang besar dan berpengaruh pada industri musik Amerika. Untuk dapat dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, artis atau band harus sudah berkarya di industri musik selama 25 tahun.

sumber: id.wikipedia.org dan sumber lainnya.

Trending Post