segar bugar selama berpuasa

Cara Segar Bugar Selama Berpuasa

KESEHATAN

Puasa bukan berarti menjadi alas an untukmalas, apalagi pada saat bulan puasa ini tidur dianggap berpahala. Meski demikian, bukan berarti aktivitas lain tidak dilakukan. Di bulan Ramadhan ini, justru dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan mendulang pahala yang lebih banyak, dan bekerja sebaik-baiknya. Ada beberapa cara agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga selama berpuasa walaupun aktivitas rutin tetap tidak terbengkalai.

  1. Sahur sangat penting untuk dilakukan, sama halnya dengan sarapan. Waktu sahur merupakan sumber energy untuk dipergunakan sepanjang subuh hingga menjelang malam untuk mengurangi rasa lelah dan cepat haus. Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.

 

2. Jangan terlalu bernafsu saat berbuka puasa dan kalap makan dan minum yang bisa berakibat sakit perut, namun juga jangan berlebihan menahan diri untuk berbuka, segerakanlah berbuka puasa apabila sudah masuk waktunya, sesuai anjuran Rasulullah.

 

3. Di bulan Ramadhan sering di promosikan untuk berbuka puasa dengan yang manis. Memang kadar gula darah menurun pada saat berpuasa, namun mengkonsumsi makanan manis pun harus sesuai dengan kebutuhan, karena apabila berlebihan justru akan meningkatkan kadar glukosa darah secara cepat dan bisa menimbulkan rasa lelah.

 

4. Cukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka, karena apabila kekurangan cairan dapat memicu timbulnya rasa lemas dan kurang konsentrasi. Air putih yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi, namun jus buah yang murni tau susu bisa juga menjadi pilihan lain.

 

5. Dibandingkan bulan lainnya, saat berpuasa, bau mulut akan lebih terasa, ha ini disebabkan karena meningkatnya kadar keasaman darah akibat dari cadangan lemak yang dibakar oleh tubuh sebagai energy utama. Menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur sangat bermanfaat meminimalisir bau mulut, juga membantu menghilangkan rasa kantuk. Perlu diketahui proses pencernaan bisa terganggu apabila tidur setelah makan sahur.

 

6. Lakukanlah olahraga yang ringan dan rutin selama bulan Ramadhan, porsinya saja yang dibatasi. Olahraga yang paling mudah dan berpahala adalah shalat tarawih di masjid. Selain bergerak dan berjalan setiap hari, proses pencernaan makanan, yang dimakan saat berbuka, dibantu oleh gerakan shalat tarawih.

Puasa dibulan Ramadhan memang diwajibkan bagi semua umat muslim, karena itu kita harus bisa menjaga kebugaran tubuh, agar selalu dalam kondisi yang prima.


Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...