penyebab alergi

Apa Saja Penyebab Terjadinya Alergi?

KESEHATAN

Reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang masuk kedalam tubuh dan dianggap berbahaya disebut Alergi. Substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh yang dianggap berbahaya ini bisa jadi tidak berbahaya. Sesuatu atau substansi pemicu alergi disebut Alergen. Dampak Alergen hanya terjadi pada orang yang memiliki alergi, namun tidak sebaliknya, karena sistem kekebalan tubuh tidak bereaksi terhadap alergen. Banyak jenis substansi yang bisa menjadi penyebabkan reaksi alergi, seperti debu, gigitan serangga, obat-obatan bulu hewan, makanan tertentu, dan lain-lain.
Apabila alergen bersentuhan dengan tubuh, maka tubuh akan memproduksi antibodi. Antibodi ini diproduksi karena menganggap ada sesuatu yang berbahaya. Bila tubuh kembali berpapasan dengan alergen yang sama, tubuh akan meningkatkan jumlah antibodi terhadap jenis alergen tersebut. Peningkatan jumlah antibodi ini memicu pelepasan senyawa kimia dalam tubuh dan menimbulkan gejala-gejala alergi.
Gejala alergi bisa berbeda-beda, namun gejala yang umumnya terjadi adalah:

  1. Gatal gatal
  2. Batuk-batuk
  3. Sesak napas
  4. Hidung beringus
  5. Bersin-bersin
  6. Mata berair
  7. Pembengkakan pada beberapa bagian tubuh

 

Berikut ini efek atau akibat dari alergen:

  1. Gejala utama yang akan alami karena substansi di udara (debu, serbuk sari, atau tungau debu) biasanya adalah bersin-bersin, yang dapat berkembang menjadi hidung berair atau mampet, mata memerah, gatal pada hidung.
  2. Obat juga dapat mengakibatkan reaksi alergi. Gejalanya adalah kesulitan bernapas, gatal-gatal, pembengkakan pada wajah.
  3. Penyebab (substansi) lainnya yang bisa menjadi pemicu alergi adalah barang barang kebutuhan sehari hari misalnya parfum, sampo, sabun bahkan perhiasan yang dipakai, yang mengakibatkan sejenis peradangan pada kulit.

 

Reaksi alergi dan tingkat keparahan alergi berbeda-beda pada tiap orang, reaksi alergi ringan, parah, bahkan sampai berakibat fatal yang disebut dengan anafilaksis atau reaksi yang parah atau fatal, umumnya akan terjadi pada seluruh tubuh dan menyebar dengan sangat cepat. Gejala-gejala lain dari anafilaksis adalah:

  1. Mual-mual.
  2. Denyut nadi yang cepat, tapi lemah.
  3. Sesak napas yang parah.
  4. Pingsan akibat tekanan darah yang turun.

 

Alergen biasanya tidak berbahaya dan tidak mengakibatkan gejala alergi pada orang lain.

 

Trending Post