penyakit varises

Varises adalah gangguan di sekitar kaki yang menghambat sirkulasi darah

KESEHATAN

Varises adalah gangguan (penyakit) yang terjadi di sekitar kaki, yang bisa mengganggu bahkan menghambat sirkulasi darah. Terhambatnya sirkulasi darah ini mengakibatkan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah vena (pembuluh darah balik) bagian tubuh bawah. Penyakit varises bisa selain menimbulkan ketidaknyamanan juga menimbulkan rasa nyeri dan pada kondisi tertentu dapat berubah menjadi kondisi yang serius. Selain sakit, penderita varises bisa mengalami pembengkakan hingga borok pada bagian pergelangan. Kondisi ini biasanya bisa menjadi lebih parah bila cuaca panas, periode menstruasi (pada wanita) dan beridiri terlalu lama.

Varises bisa disebabkan karena tingkat elastisitas dinding pembuluh darah balik yang menurun dan melemah sehingga aliran darah ke jantung pun melemah.

Kondisi melemahnya vena ini dipengaruhi oeh beberapa faktor , diantaranya:

  1. Umur
  2. Kebiasaan berdiri terlalu lama
  3. Kehamilan
  4. Obesitas
  5. Genetika
  6. Masalah keseatan lainnya

 

Sebenarnya varises bisa dihilangkan dengan cara yang dilakukan sendiri atau cara yang alami, cara tersebut bisa dilakukan di rumah. Selain itu bisa pula dilakukan dengan cara-cara yang dianjurkan oleh dokter. Berikut ini langkah-langkah alami yang bisa dilakukan untuk pengobatan varises:

  1. Hindari penggunaan sepatu ber-hak tinggi (heels), karena otot betis akan sering tertarik sehingga kerja otot betis tidakĀ  maksimal
  2. Lakukan olahraga rutin, karena dengan berolahraga sirkulasi darah akan bejalan dengan baik
  3. Tinggikan kaki beberapa saat pada waktu beristirahat, karena dengan meninggikan kaki, akan mengurangi beban peredaran darah yang melawan gravitasi. Usahakan tinggi kaki melebihi jantung
  4. Kurangi berdiri terlalu lama, karena dengan seringnya berdiri terlalu lama, otot kaki terlalu lama menahan berat badan.
  5. Perhatikan berat badan anda, karena salah satu yang bisa meningkatkan resiko varises.

 

Dalam beberapa kasus, apabila varises tidak bisa diobati atau dihilangkan oleh cara-cara alami, maka pengobatan dengan cara dokter menjadi opsi selanjutnya, misalnya dengan cara:

  1. Operasi laser
  2. Operasi vena endoskopik

 

Masih ada cara lain yang bisa dilakukan oleh dokter, sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjt dengan dokter anda.

 



Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...