penyakit parkinson

Hingga saat ini obat penyakit parkinson belum ditemukan. Apa saja gejalanya?

KESEHATAN

Penyakit Parkinson berasal dari nama James Parkinson, seorang dokter Inggris pada tahun 1817. Biasanya penyakit ini semakin memburuk selama beberapa tahun. Penyakit Parkinson timbul akibat kerusakan sel di beberapa bagian otak, terutama bagian yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala umum yang terlihat pada penderita Parkinson adalah gemetaran atau tremor. Gejala-gejala tahap awal penderita Parkinson sulit dikenali, misalnya: gemetaran halus pada satu tangan dan merasa lemah. Setelah gejala awal ini akan muncul gejala lain yang akan dialami penderita Parkinson:

  1. Pergerakanmenjadilambat
  2. Keseimbangandankoordinasitubuhberkurang
  3. Kakuotot
  4. Gemetaran di beberapatempat
  5. Sulittiduratau insomnia
  6. Anosmia ataukehilanganindrapenciuman
  7. Masalahpadadayaingat

Penyakit Parkinson mempengaruhi bagian kecil dari otak tengah yang bernama susbstan tianigra.Fungsi dari substan tianigra adalah mengirim pesan ke saraf-saraf di saraf tulang belakang yang mengendalikan otot-otot pada tubuh. Pesan dikirimkan dari sel otak, ke saraf dan otot dengan memanfaatkan senyawa kimia yang disebut neuro transmiter. Salah satu neuro transmitter utama yang dihasilkan oleh sel otak di substan tianigra adalah dopamine. Pengaturan gerakan dari tubuh sangat dipengaruhi oleh dopamine. Saat jumlah dopamine menurun akan menyebabkan aktivitas otak akan terganggu. Inilah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda dan gejala penyakit Parkinson.
Penyebab menurunnya dopamine ini masih belum diketahui. Tapi terdapat beberapa faktor yang bisa memicu hal ini, seperti factor keturunan dan factor lingkungan, seperti dilansir alodokter.

Sampai tulisan ini diturunkan, belum ada obat untuk penyakit Parkinson bahkan penanganannya pun sebatas pada meringankan gejala yang dialami. Penanganan yang bisa dilakukan adalah fisioterapi dan obat-obatan. Namun untuk gejala Parkinson awal cenderung tidak perlu dilakukan penanganan ini, tapi diperlukan pemeriksaan untuk mengetahui perkembangan kondisi penderita.

Ada beberapa yang mengklaim penyakit Parkinson bisa disembuhkan, misalnya dengan pengobatan herbal. Tetapi benarkah pengobatan tradisional tersebut mengatasi penyakit Parkinson? Atau hanya mengatasi gejalanya saja? Hal ini patut diteliti terlebih dahulu. Walaupun demikian perkembangan teknologi sudah semakin maju, penderita Parkinson bisa hidup semaksimal mungkin dengan menggunakan fasilitas teknologi tersebut. Bantuan orang lain sangat diperlukan bagi penderita parkinson, seiring dengan perkembangan penyakit ini.


Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...