bersepeda banyak manfaatnya

Bersepeda sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh

KESEHATAN

Besepeda menyenangkan untuk berekreasi dan membuat tubuh bergerak dengan aktif. Tubuh yang aktif merupakan hal yang penting untuk menjaga kualitas kesehatan. Bersepeda selama minimal 2,5 jam seminggu dan dilakukan secara rutin akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

Bersepeda adalah olahraga yang mampu meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi. Tidak hanya itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Tingkat kolesterol jahat yang rendah akan meminimalisasi risiko penyempitan pembuluh darah, sehingga proses pengiriman darah dan oksigen ke seluruh tubuh semakin optimal.

Banyak anggota tubuh yang aktif saat bersepeda, mulai dari kaki hingga mata yang waspada, bergerak aktif semua. Dengan demikian otot tubuh mengalami peningkatan gerak. Apabila hal ini dilakukan secara rutin, maka akan memperkuat otot tersebut, dan bukan hanya itu keseimbangan dan koordinasi tubuh akan semakin baik. Bahkan sendi sendi pada kaki dan tangan akan semakin fleksibel karena mobilitas yang baik.

Pembakaran kalori tentu saja akan lebih baik, karena metabolisme tubuh akan meningkat. Kalori uang terbakar dengan baik akan menjaga berat badan tetap ideal. Usahakan kegiatan bersepeda dibarengi dengan pola makan yang baik dan seimbang, karena hal ini sangat berpengaruh pada pengurangan resiko kegemukan.

Pada saat bersepeda (olahraga), hormon endorfin akan dikeluarkan oleh tubuh, hormon ini, selain mengurangi rasa sakit juga memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Bersepeda di tempat yang menyenagkan dengan pemandangan yang indah akan mengurangi beban pikiran dan menurunkan tingkat stres. Keuntungan tubuh yang aktif secara rutin, adalah meminimalisir resiko terkena diabetes, karena stabilnya produksi insulin. Masih banyak manfaat lain dalam melakukan kegiatan bersepeda, anda akan merasakannya pada saat aktivitas ini anda lakukan.

Namun pastikan sepeda anda layak pakai, periksa semua bagian sepeda agar berfungsi dengan baik. Kenakan alat pelindung diri, seperti helm, pelindung siku dan lutut karena bagian inilah yang paling rentan terluka bila terjatuh. Bersepeda di tempat yang nyaman merupakan pilihan yang bijak, namun apabila tidak memungkinkan, bukan berarti jadi penghalang untuk melakukan kegiatan ini.


Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...