kafein

Kafein itu musuh atau sahabat?

KESEHATAN

Secangkir kopi, sebelum atau pada saat beraktivitas, sudah menjadi keharusan bagi sebagian orang. Aromanya yang khas juga rasanya sangat nikmat di lidah, menjadi kebutuhan yang sayang untuk dilewatkan. Alasan kopi dapat membuat Anda bersemangat adalah efek kafein kepada otak. Kafein tidak hanya berasal dari kopi. Secangkir teh atau sebatang cokelat ternyata memiliki kandungan kafein. Kafein juga banyak digunakan dalam obat-obatan tertentu.
Kafein dapat berdampak buruk pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, berikut ini dampak negatifnya:

  1. Dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat dari biasanya.
  2. Meski masih harus diteliti lebih lanjut, kafein dianggap mampu memperburuk kualitas suara.
  3. Dapat memicu munculnya kerutan pada wajah. Hal itu disebabkan dehidrasi. Kafein membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan melalui urin.
  4. Tubuh kehilangan sekitar 5 mg kalsium tiap mengonsumsi satu cangkir kopi berukuran sekitar 180 ml. Jika diminum secara berlebihan, hal ini dapat memicu osteopororis.
  5. Kebiasaan mengonsumsi kafein untuk membuat terjaga sepanjang siang justru dapat membuat sulit tidur di malam hari.

 

Namun demikian ternyata kafein juga memiliki kelebihan, berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kafein. Layaknya dua sisi mata uang, ternyata kafein memiliki manfaat dan resiko. Berikut ini beberapa manfaat dari kafein:

  1. Kandungan asam klorogenat (chlorogenic acid) dalam kafein yang dikonsumsi tidak berlebihan, sering dikaitkan dengan kemampuan menekan kemungkinan penyakit jantung dan diabetes.
  2. Peneliti menyimpulkan partisipan yang mengonsumsi kafein dari kopi pada pagi hari memiliki nilai yang lebih baik pada tes, dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi. Disebutkan pula kopi dapat meningkatkan kemampuan kognitif alami yang menurun seiring pertambahan usia.
  3. Selain kopi, teh juga mengandung kafein, sekaligus antioksidan tinggi yang dapat melindungi dari penyakit seperti kanker.

 

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki reaksi yang berbeda pada kafein, tapi akan lebih baik bila mengkonsumsi kafein tidak berlebihan. Demikian pula kandungan kafein dalam secangkir kopi atau teh berbeda beda. Kandungan kafein dalam secangkir kopi tergantung dari jenis biji kopi dan cara memprosesnya. Dalam secangkir kopi, rata-rata mengandung hampir 100 mg kafein, sedangkan dalam teh mengandung 50 mg.
Kadar yang dianggap cukup adalah tiga cangkir kopi per hari, atau sekitar 250 mg.
Konsumsi kafein yang berlebihan (500-600 mg atau lebih), dapat menyebabkan gangguan pencernaan, tremor otot, gugup, detak jantung yang cepat, dan sebagainya.


Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...