jerawat photo : www.youtube.com

Jerawat menimbulkan masalah kepercayaan diri

KESEHATAN

Jerawat, yang biasanya menyerang wajah, sering menimbulkan masalah kepercayaan diri. Terkadang kita sering menganggap sepele masalah jerawat, namun dalam beberapa kasus, jerawat bisa menimbulkan masalah lanjutan. Walaupun kita sudah menyembuhkan jerawat dari wajah, tapi masih ada bekas jerawat yang menempel diwajah.

Pada umumnya jerawat terjadi pada orang yang berusia 28 tahun ke bawah, terutama remaja dengan usia antara empat belas hingga sembilan belas tahun. Wanita umur 20-an memiliki resiko lima kali lebih besar terkena jerawat dibandingkan dengan pria dengan usia yang sama.

Selain masa puber, jerawat juga bisa dialami para wanita akibat perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dan masa kehamilan. Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Jika kedua orang tuanya berjerawat, kemungkinan besar anaknyapun berjerawat.

Perubahan kadar hormon selama masa puber sering dikaitkan dengan penyebab timbulnya jerawat. Perubahan tersebut mempengaruhi kelenjar penghasil minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel bulu di kulit. Tumpukan sebum ini akan bergabung dengan kotoran dan sel kulit yang mati, sehingga menyumbat pori-pori.

Pada saat pori-pori tersumbat, bakteri (propionobacterium acnes) yang menyebabkan jerawat, berkembang dengan cepat. Bakteri ini melepaskan semacam zat iritan yang mengiritasi kulit. Efek iritasi inilah yang menyebabkan kulit menjadi merah, membengkak, dan menimbulkan nanah dibawah kulit.

Selain ditandai dengan gejala seperti kulit berminyak dan muculnya bintik-bintik, adakalanya jerawat juga menyebabkan kulit terasa panas dan sakit saat disentuh. Pada umumnya jerawat tumbuh di wajah, namun ada beberapa bagian tubuh yang bisa ditumbuhi jerawat, diantaranya dada, punggung dan bahu.

Banyak produk kecantikan yang menjanjikan kesembuhan jerawat dengan cepat, namun cara yang tepat adalah berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter mampu mendiagnosis jerawat hanya dengan memeriksa kulit penderitanya, setelah itu barulah rencana penanganannya dibuat.

Berikut ini beberapa tips untuk pencegahan timbulnya jerawat:

  1. Tidur yang cukup
  2. Tidak memecahkan jerawat
  3. Bersihkan wajah secara teratur
  4. Hindari daerah yang berdebu
  5. Gunakan masker wajah

 

Berurusan dengan jerawat membutuhkan kesabaran, sangat tidak disarankan untuk memencet jerawat karena akan menimbulkan bekas luka permanen. Biasanya diperlukan waktu hingga tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal



Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...