fungsi vitamin dan mineral

Fungsi vitamin dan mineral

KESEHATAN

Ada berbagai macam vitamin dan mineral yang memiliki berfungsi yang berbeda-beda dan yang pasti memiliki berbagai manfaat. Tubuh manusia memang tidak terlalu membutuhkan vitamin dengan jumlah yang banyak, jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh pun relatif berbeda pada setiap orang. Asupan vitamin dan mineral ke dalam tubuh sudah menjadi keharusan yang wajib dicukupi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.
Setiap vitamin memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Dari sekian banyak vitamin yang ada, berikut ini vitamin-vitamin yang berperan penting bagi kesehatan tubuh manusia:

  1. Vitamin A, berfungsi menutrisi organ penglihatan (mata), kulit, rambut serta membantu melawan infeksi. Sumber vitamin A bisa ditemui pada Melon, wortel dan kentang.
  2. Vitamin B, berfungsi sebagai sumber energi, membantu penyerapan zat besi dan peningkatan daya tahan tubuh. Sumber vitamin B bisa diperoleh pada kacang-kacangan, biji-bijian dan pisang.
  3. Vitamin C, berfungsi sebagai anti oksidan, membantu imunitas tubuh, membantu penyerapan zat besi dalam darah. Vitamin C dapat didapatkan pada buah-buahan seperti jeruk, stroberi dan anggur.
  4. Vitamin D, berfungsi sebagai pencegah osteoporosis dan penguat tulang, bisa didapatkan pada ikan dan telur.
  5. Vitamin E, berfungsi sebagai pembantu penyembuhan luka, menjaga kesehatan syaraf dan sel darah, dapat diperoleh pada buah tomat, kacang almond.
    Kekurangan vitamin akan berdampak buruk pada kesehatan kita, asupan vitamin yang teratur akan berdampak positif pada tubuh, bukan hanya menjaga namun juga meningkatkan kesehatan. Tidak diperlukan perlakuan khusus untuk mengkonsumsi vitamin, karena makanan yang tersedia (yang dijual dipasar, warung dan lainnya) sudah banyak terdapat kandungan yang kaya vitamin, bagaimana memilih makanan tersebut yang menjadi hal penting dalam mengkonsumsi makanan.
    Selain vitamin ada pula mineral yang penting bagi tubuh manusia, yang juga memiliki peranan penting dalam tubuh:
  1. Kalsium (Ca), berfungsi sebagai penjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu pembekuan darah, menjaga tekanan darah dan menjaga fungsi syaraf dan otot.
  2. Zat Besi (Fe), fungsinya membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pembentukan energi dan membawa oksigen dalam darah.

Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...