disentriphoto : www.deherba.com

Disentri berpotensi cepat menyebar pada lingkungan di sekitarnya

KESEHATAN

Disentri adalah penyakit yang sangat sering terjadi, penyakit ini terjadi karena infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Digolongkan pada penyebabnya, ada dua jenis disentri: Disentri basiler atau sigelosis dan Disentri Amoeba atau amoebabiasis.

Disentri basiler disebabkan oleh bakteri shigella, sementara disentri amoeba disebabkan paraseit bersel satu (amoeba). Dibandingkan disentri amoeba, disentri basiler tergolong lebih ringan, namun kedua jenis disentri ini sama-sama menular akibat kotornya lingkungan, sanitasi yang buruk, dan juga timbulnya resiko yang kuat dari mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Beberapa gejala disentri diantaranya: buang air besar encer lebih dari tiga kali dalam kurun waktu 24 jam, muntah, mual dan kram perut. Disentri bisa menyebabkan dehidrasi, hal ini perlu diwaspadai karena cenderung beresiko fatal yang menjurus pada kematian. Walaupun penyakit ini biasanya pulih dalam beberapa hari, tetapi jika mengalami diare berdarah atau berlendir yang berlangsung beberapa hari, disarankan segera berkonsultasi dengan dokter.

Kondisi yang lebih mengkhawatirkan dan sangat perlu diwaspadai adalah kasus disentri pada anak-anak, karena ketahanan tubuh mereka yang lebih rendah dibandingkan orang dewasa. Beberapa tanda dehidrasi pada anak-anak yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut:

  1. Kulit menjadi pucat atau berbintik
  2. Tangan dan kaki terasa dingin
  3. Cepat ngantuk
  4. Menjadi jarang buang air kecil
  5. Kondisi tubuhnya semakin melemah

 

Disentri amoeba memiliki gejala sebagai berikut:

  1. Muntah
  2. Mual
  3. Sakit Perut
  4. Diare yang mengandung darah, lendir bahkan nanah
  5. Demam
  6. Pendarahan pada anus

 

Disentri berpotensi sangat besar menyebar pada orang-orang dan lingkungan disekitarnya. Karena itu menjaga Kebersihan merupakan langkah yang sangat berarti untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit termasuk disentri. Berikut ini beberapa langkah pencegahan penyakit disentri akibat faktor kontaminasi:

  1. Mencuci tangan sebelum makan
  2. Meminum air yang matang
  3. Mengkonsumsi makanan yang matang
  4. Menjaga kebersihan toilet
  5. Menyimpan makanan di kulkas, jangan biarkan makanan terkena matari secara langsung

Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...