diare

Gejala diare dan bagaimana untuk pencegahannya

KESEHATAN

Diare merupakan satu dari banyak masalah kesehatan terbesar di Indonesia. Diare pada umumnya adalah infeksi usus, baik pada orang dewasa ataupun anak-anak, terjadi karena konsumsi makanan atau minuman yang kotor. Penyebabkan infeksi usus ini adalah bakteri, parasit, dan virus seperti norovirus dan rotavirus. Encernya tinja yang dikeluarkan atau buang air besar (BAB) yang sering dibandingkan biasanya, merupakan gejala diare. Walaupun sudah menjadi penyakit yang umum, penyakit ini tidak bisa dianggap enteng, apabila penderita mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan dari tubuh, hal ini bisa berakibat fatal.
Diare bisa berakibat menjadi dehidrasi. Dehidrasi bisa beakibat yang fatal bahkan, pada anak-anak, berpotensi merenggut nyawa karena ketahanan tubuh anak-anak terhadap dehidrasi sangat rendah kecil dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu penderita disarankan untuk meminum banyak cairan saat diare.
Diare sangat berpotensi untuk menyebar, terutama pada pada orang yang tinggal serumah atau anggota keluarga. Langkah-langkah pencegahan terkena diare kami sajikan berikut ini:

  1. Makan makanan yang dimasak
  2. Pisahkan makanan yang mentah dan yang matang
  3. Masaklah air minum, jangan meminum air mentah
  4. Mencuci tangan sebelum makan

 

Agar diare tidak menyebar, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  1. Jangan menggunakan peralatan makan yang sama dengan penderita
  2. Bersihkan toilet dengan disinfektan setiap setelah buang air besar
  3. Cuci tangan sehabis sebelum makan atau menyiapkan makanan
  4. Tetaplah di rumah sampai periode diare berakhir

 

Sakit perut, mual, sakit kepala dan hilangnya nafsu makan merupakan gejala diare lainnya. Minum cairan secara cukup merupakan hal uang sangat penting untuk menghindari dehidrasi, terutama pada anak-anak dan bayi. Disarankan untuk menghindari jus buah dan minuman bersoda karena bisa memperparah kondisi diare.
Biasanya dokter akan menyarankan penggunaan oralit bagi penderita diare.
Oralit berfungsi sebagai pengganti glukosa, mineral dan garam yang hilang dari tubuh akibat diare. Hindarilah penggunaan oralit buatan sendiri.

 

Trending Post