chikungunya

Ternyata nyamuk Aedes aegypti juga berperan dalam membawa virus chikungunya

KESEHATAN

Penyakit demam berdarah sudah sering terjadi dan menjadi penyakit yang sepertinya biasa terjadi. Penyebab penyakit ini adalah virus yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Biasanya nyamuk ini beroperasi pada saat pagi atau siang hari, namun bisa juga terjadi pada saat dini hari dan menjelang petang.

Selain demam berdarah ternyata nyamuk Aedes aegypti juga berperan pula dalam membawa virus chikungunya. Virus chikungunya didalam tubuh nyamuk ini tidak berpengaruh terhadap nyamuk tersebut, tapi berpengaruh pada manusia yang terkena gigitan nyamuk yang membawa virus chikungunya.

Penyakit chikungunya berpotensi terjadi di daerah-daerah tropis yang berpenduduk padat dan menjadi sarana berkembangbiaknya nyamuk ini. Walaupun sebenarnya penyakit chikungunya jarang terjadi, namun penyakit ini patut diberikan perhatian yang serius karena sangat berpotensi menghilangkan nyawa.

Gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus lebih berpotensi di luar ruangan, namun di dalam ruangan pun bisa terjadi. Gejala yang timbul akan nampak dan terasa sekitar 3 hingga 12 hari setelah gigitan nyamuk yang membawa virus. Gejala-gejalanya mirip dengan gejala flu, demam tiba-tiba dan nyeri otot yang parah sehingga penderita kesulitan bergerak, radang sendi, mual dan muntah serta sakit kepala dan bintik-bintik.

Penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi seperti gangguan pada saluran pencernaan, mata, syaraf bahkan gangguan pada jantung. Bahkan pada penderita yang berusia lanjut, penyakit ini berpotensi menimbulkan kematian.

Belum ada pengobatan khusus untuk menyembuhkan penyakit ini bahkan vaksin pencegah penyakit ini pun belum ada. Obat yang diberikan pada penderita hanya untuk pereda rasa sakit dan anti peradangan yang berfungsi sebagai pereda gejalanya.

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit adalah dengan mengurangi tempat berkembangbiaknya nyamuk pembawa virus ini. Langkah yang dilakukan cukup sederhana dan hanya membutuhkan tenaga untuk membersihkan beberapa tempat, seperti:

  1. Tempat-tempat penampungan air atau yang berpotensi menampung air baik untuk keperluan rumah tangga:  bak mandi, tangki air atau yang terjadi alami di luar rumah: kaleng bekas, lubang pohon, tempurung kelapa.
  2. Beriskan tempat-tempat tersebut secara rutin.
  3. Pergunakan bubuk abate di bak mandi atau tempat lainnya untuk membunuh jentik nyamuk.
  4. Buanglah barang-barang yang tidak diperlukan dan berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Langkah yang diambil untuk mengindari gigitan nyamuk juga tergolong mudah:

  1. Pasang kasa anti nyamuk di setiap jendela
  2. Gunakan obat anti nyamuk, baik semprotan atau elektrik, dalam waktu tertentu gantilah dengan obat anti nyamuk yang berbeda, karena nyamuk akan kebal terhadap obat anti nyamuk yang sama.
  3. Lakukan fogging atau pengasapan di rumah dan sekitarnya serta di tempat kerja.
  4. Peliharalah tanaman lavender, karena nyamuk tidak suka dengan aroma tanaman ini.

Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...