penyakit campak atau cacar

Virus campak telah dikenal filsuf dan dokter persia pada abad ke 7 masehi

KESEHATAN

Virus campak (virus Rubella) hanya menginfeksi manusia, virus ini telah diuraikan oleh Rhazas (filsuf dan dokter Persia) pada abad 7 Masehi, dan pada abad 10 Masehi sebagai penyakit cacar. Pada tahun 1963 vaksin campak dan imunisasi campak ditemukan.Penyakit ini menimbulkan bintik/ruam di sebagian besar tubuh manusia yang bisa sangat mengganggu. Selain bisa menjadi lebih parah, penyakit ini pun bisa dengan cepat menular.

Pada dasarnya semua orang bisa terkena virus campak, terutama mereka yang belum mendapat vaksinasi campak atau belum pernah terkena campak. Namun penyakit campak lebih sering menyerang anak-anak dibawah usia 5 tahun.

Pada masa sekarang ini sebagian orang yang terinfeksi virus campak bisa disembuhkan, namun demikian komplikasi penyakit ini tidak bisa dianggap sepele. Menurut data yang ada, 6 hingga 20 persen orang yang terkena penyakit campak akan mengembangkan komplikasinya. Komplikasi yang bisa terjadi diantaranya: bronkitis, pneumonia, bahkan infeksi otak.

Timbulnya penyakit campak biasanya disertai dengan beberapa gejala yang muncul, diantaranya:

  1. Mata merah
  2. Demam
  3. Bercak/bintik merah di kulit (biasanya beberapa hari kemudian) yang menyebar keseluruh tubuh
  4. Bercak putih pada mulut/tenggorokan
  5.  

Penyebaran virus campak sangat cepat, penderita penyakit ini bisa menularkan melalui percikan cairan saat mereka bersin atau batuk dan akan menular pada siapapun yang menghirupnya. Yang lebih bahayanya lagi, virus ini bisa menempel pada benda-benda dan bisa bertahan selama beberapa jam, apabila ada yang menyentuhnya (dengan tangan) kemudian menempelkannya ke hidung atau mulut, maka penularan sangat bisa terjadi.

Sistem kekebalan manusia, secara otomatis akan melawan infeksi virus campak ini, dan untuk mempercepat proses penyembuhan bisa dilakukan sendiri, misalnya: minum air yang banyak, banyak istirahat, minum obat penurun demam serta obat nyeri. Namun perawatan diperlukan apabila infeksi campak menjadi lebih parah.

Pencegahan virus campak bisa dilakukan dengan vaksinasi MMR atau vaksin gabungan untuk campak, gondongan, dan campak Jerman. Pada anak yang berusia 15 bulan vaksin pertama diberikan, vaksin berikutnya diberikan pada saat usia mereka 5-6 tahun. Vaksin ini memiliki perang yang sangat penting dalam pencegahan penyakit campak.



Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...