segar bugar selama berpuasa

Faktor penyebab buta warna

KESEHATAN

Buta warna disebabkan adanya masalah pada pigmen dan reseptor warna, sehingga menimbulkan masalah penglihatan pada warna tertentu. Penderita buta warna akan kesulitan melihat warna tertentu atau campuran warnanya, tetapi mudah melihat warna lainnya. Bahkan ada pula penderita buta warna total, yang tidak bisa melihat warna sama sekali, namun kasus ini jarang terjadi.

Biasanya penderita buta warna jarang menyadari dirinya memiliki masalah penglihatan terhadap warna, penderita baru mengetahuinya apabila melakukan tes penglihatan warna. Meskipun demikian jarang sekali seseorang melakukan tes ini, biasanya dilakukan pada saat keperluan dan tuntutan pekerjaannya.

Buta warna disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

  1. Faktor genetika. Penderita ini mendapatkan buta warna dari orang tuanya, biasanya mengalamibuta warna sejak lahir.
  2. Faktor Penyakit. Beberapa penyakit bisa mengakibatkan buta warna, seperti Leukimia, diabetes, Parkinson dan Alzheimer.
  3. Bahan Kimia. Dalam kasus ini, biasanya terjadi apabila seseorang terpapar bahan kimia beracun.
  4. Efek samping obat. Ada beberapa obat-obatan yang bisa mengakibatkan buta warna, namun efek ini biasanya tidak berlangsung lama.
  5. Usia. Sesuai dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh akan berkurang begitu pula dengan organ mata.

 

Buta warna yang dialami penderita pada umumnya berkisar pada warna merah dan hijau. Penderitanya sulit membedakan gradasi warna merah, kuning hingga hijau. Namun ada pula yang sulit membedakan warna merah dan hitam. Pria lebih banyak menjadi penderitanya.

Dalam kasus tertentu, walaupun jarang terjadi, ada penderita buta warna terhadap warna biru dan kuning. Warna kuning bisa terkihat menjadi warna abu-abu, hijau terlihat kebiru-biruan. Penderita buta warna ini berpeluang pada pria dan wanita.

Sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan buta warna, meskipun banyak penderita buta warna berusaha untuk beradaptasi dan mencari cara dalam mengatasi masalah ini. Namun demikian lakukanlah beberapa tes buta warna, untuk mendiagnosis buta warna.

Pada pekerjan-pekerjaan tertentu diperlukan tingkat keakuratan dalam membedakan warna, oleh karena itu sangatlah penting untuk mengenali buta warna sejak awal termasuk pada anak-anak. Keterbukaan pada sekolah, lingkungan sekitarnya bahkan lingkungan pekerjaan akan sangat membantu alam kegiatan sehari-hari.


Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...