gejala batu ginjal

Gejala batu ginjal tidak akan terasa ketika batu tersebut masih kecil

KESEHATAN

Ginjal berfungsi sebagai penyaring limbah di dalam darah yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh manusia. Sisa limbah ini dan zat-zat limbah dalam ginjal kemudian mengkristal dan mengendap. Dalam kondisi tertentu, sisa limbah dan zat-zat limbah tersebut terbentuk menjadi material keras yang mirip batu dalam ginjal. Ada beberapa jenis batu ginjal: batu asam urat, batu sistin, batu kalsium dan batu struvit.

Gejala batu ginjal belum terasa apabila batu tersebut masih sangat kecil, karena bisa keluar dari tubuh melalui ureter atau saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih. Atau bahkan batu kecil tersebut masih dalam ginjal, tidak akan terasa oleh penderita. Penderita baru akan merasakan sakit apabila batu ginjal sudah berukuran sama atau lebih besar dari saluran ureter.

Rasa sakit yang terasa timbul karena iritasi atau bahkan luka akibat gesekan antara batu dengan lapisan dinding ureter. Bukan hanya itu saja, batu ginjal bisa juga tersangkut di dalam ureter dan menyumbat saluran ureter yang berakibat urin tidak bisa dikeluarkan. Beberapa gejala batu ginjal diantaranya: nyeri di perut, selangkangan dan pinggang, dalam kondisi tertentu penderita bisa muntah-muntah dan demam.

Untuk mengetahui seseorang menderita batu ginjal, ada beberapa tes yang bisa dilakukan, diantaranya: tes darah, tes urin, X-ray dan CT Scan. Penderita tidak bisa menyimpulkan sendiri mengenai penyakit batu ginjal berdasarkan rasa sakit yang dirasakan, tapi harus dengan tes yang telah dijelaskan.

Apabila batu ginjal masih kecil, tidak perlu dilakukan operasi untuk mengeluarkan batu ginjal tersebut. Minum air putih yang banyak sesuai dengan takaran kebutuhan, merupakan bagian dari pengobatan penyakit batu ginjal yang masih tergolong kecil, karena masih bisa melewati saluran ureter. Meminum air putih yang banyak (sesuai takaran) diharapkan dapat “menghayutkan” dan membawa batu ginjal keluar.

Penanganan batu ginjal dengan operasi biasanya dilakukan apabila batu tersebut menyumbat saluran kemih. Operasi dilakukan untuk mengantisipasi resiko masalah kesehatan yang lebih parah, seperti: kerusakan ginjal dan pendarahan. Operasi batu ginjal pada saat ini sudah mulai jarang dilakukan, hanya pada kasus tertentu saja dengan kondisi yang parah.

Sebenarnya sangat mudah untuk mencegah penyakit batu ginjal. Konsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan batu ginjal. Zat-zat yang bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal diantaranya: protein, kalium dan oksalat.

Pencegahan yang paling mudah dan murah adalah dengan minum air putih yang cukup, sesuai takaran kebutuhan tubuh. Namun demikian hal ini tidak bisa dilakukan sesaat saja, tapi harus dilakukan secara berkesinambungan, untuk menjaga kebersihan ginjal.



Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...