autismephoto : healthcare-online.org

Autisme merupakan gangguan yang mempengaruhi perilaku, interaksi sosial dan komunikasi

KESEHATAN

Pada tahun 2010 di Indonesia diperkirakan terdapat 2,4 juta orang yang menderita autisme menurut data Badan Pusat Statistik. Apa itu Autisme? Autism Spectrum Disorder (ASD) atau lebih dikenal dengan Autisme adalah gangguan perkembangan yang mempengaruhi perilaku, interaksi sosial dan komunikasi.

Faktor genetik dan faktor lingkungan disinyalir menjadi penyebab kelainan ini, tetapi penyebab pastinya autisme ini belum diketahui. Beberapa vaksin pernah dicurigai menjadi penyebab autisme. Tetapi setelah diteliti, belum ditemukan bukti yang berhubungan antara vaksin dan autisme.

Walaupun Autisme tidak bisa disembuhkan, namun penting untuk mewaspadai gejalanya sejak awal. Pada masa kanak-kanak gejala autisme biasanya mulai terlihat jelas. Walaupun bervariasi pada setiap kasus, namun autisme bisa digolongkan menjadi dua kategori utama. Pertama adalah gangguan komuniksi dan hubungan sosial, yang kedua adalah minat, cara berpikir dan perilaku (biasanya melakukan gerakan yang berulang). Selain itu penyandang autisme, memiliki masalah dalam belajar serta kondisi kejiwaannya, misalnya ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau hiperaktif.

Gejala Autisme memang terjadi dan mulai berkembang pada masa kanak-kanak sebelum mencapai usia tiga tahun, namun ada sebagian orang yang tumbuh dewasa tanpa terdiagnosis. Proses diagnosis diperlukan untuk membantu penyandang autisme serta keluarganya dalam mengambil opsi atau pilihan langkah pengobatan yang akan diambil terhadap penderita.

Banyak gejala yang muncul dan bervariasi pada autisme, disertai pula dengan tingkat keparahan yang sulit dipastikan. Berikut ini gejala-gejala umum yang mungkin timbul dan perlu diwaspadai:

  1. Kurang respon saat dipanggil
  2. Tidak mau didekati orang dekatnya (orang tua atau saudara)
  3. Bicaranya lamban bahkan tidak bicara sama sekali
  4. Menghindari kontak mata
  5. Berkomunikasi tanpa ekspresi wajah
  6. Bicara hanya saat meminta sesuatu
  7. Nada bicara datar seperti robot
  8. Mengulang kata
  9. Tidak memahami pertanyaan

 

Sedangkan gejala dalam pola perilaku seperti:

  1. Kelainan pola gerak
  2. Marah bila kegiatannya berubah
  3. Selalu bergerak
  4. Melakukan gerakan berulang
  5. Sensitif terhadap cahaya atau suara
  6. Tidak peduli pada rasa sakit

Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...