amandel

Amandel adalah dua kelenjar kecil yang terdapat di tenggorokan yang berfungsi sebagai pencegah infeksi

KESEHATAN

Amandel (tonsil) adalah dua kelenjar kecil yang terdapat di tenggorokan yang berfungsi sebagai pencegah infeksi (terutama pada anak-anak). Karena perkembangan umur dan sistem kekebalan tubuh mereka semakin kuat, maka tugas amandel perlahan-lahan mulai tergantikan dan pada saat tidak dibutuhkan lagi, amandel berangsur-angsur akan menyusut.

Ada dua jenis tonsilitis, yaitu amandel aku dan amandel kronis. Amandel akut jika infeksinya berlangsung kurang dari 3 minggu, sementara amandel kronis jika penyakitnya terjadi 7 kali atau lebih dalam satu tahun atau lima kali dalam dua tahun dan tiga kali setahun secara berturut-turut.

Dalam kondisi tertentu, terkadang penderita tonsilitis mendengkur pada saat tidur, hal ini disebabkan karena pembesaran tonsil (amandel). Biasanya infeksi amandel yang disebabkan oleh bakteri selain terjadi pembengkakan, warnanya menjadi merah yang menandakan peradangan di sekitar tonsil dan tenggorokan tanpa batuk, kadang dijumpai bercak putih (eksudat) pada permukaan tonsil. Sedangkan jika tonsilitis yang disebabkan oleh virus, biasanya gejala akan lebih ringan namun disertai batuk dan pilek.

Infeksi tonsil (tonsilitis) biasanya disebabkan oleh virus. Penderitanya mengalami sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan (saat menelan) serta batuk, dalam beberapa hari biasanya gejala ini akan hilang dan pulih. Sebenarnya  tonsilitis tidak termasuk serius, namun apabila ada penderita yang mengalami gejala tonsilitis lebih dari empat hari, segeralah temui dokter, karena apabila gejala ini semakin parah, bisa membuat penderita tidak bisa makan dan kesulitan bernafas.

Tidak ada tindakan khusus untuk mencegah amandel, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah amandel, diantaranya:

  1. Menghindari kontak dengan penderita infeksi tenggorokan
  2. Mencuci tangan sesering mungkin untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri
  3. Pergunakan masker saat berada di tempat umum

 

Obat khusus untuk amandel belum ada, biasanya obat yang diberilkan adalah obat pereda sakit. Jika penyebabnya bakteri maka antibiotik bisa digunakan, selain itu istirahat yang cukup dan minum banyak cairan bisa menunjang pemulihan. Namun apabila tonsilitas sudah tergolong parah, jalur operasi pengangkatan amandel siasanya dilakukan.


Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...