makanan

Puasa selain mendapatkan pahala juga menyehatkan

ANEKA INFO

Sering kita mendengar kalimat “Berpuasalah, niscaya kalian sehat!”. Hadis itu sering juga dikutip orang di berbagai tempat terutama pada bulan puasa. Memang benar puasa itu banyak manfaatnya. Jika sebuah hadis dan dokter/ medis sudah saling menguatkan, seharusnya sudah tidak ada lagi yang harus diragukan. Manfaatnya akan terasa jika anjuran dari hadist dan dokter itu dijalankan dan dipraktekan.

Puasa Ramadhan tak hanya bernilai ibadah asal diamalkan secara benar, ritual tahunan itu bisa menyehatkan tubuh. Namun jika dilakukan asal-asalan, puasa tidak lebih dari sekadar perubahan jam makan saja.


Puasa memberikan waktu untuk istirahat setelah pada hari-hari sebelum bulan Ramadhan organ pencernaan kita hampir tidak henti-hentinya bekerja baik itu makan besar maupun mengemil.

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah karena dengan puasa berarti mengaktifkan mekanisme control gula darah. Pada siang hari kadar gula menurun karena tidak ada pasokan makanan dan minuman. Namun kondisi tersebut tidak berbahaya karena tubuh mempunyai glikogen pada hati yang akan dilepas ke dalam darah sebagai glukosa. Ini sangat baik karena dengan berpuasa akan menghindarkan dari resiko terkena penyakit diabetes atau kencing manis. Dan bagi para diabetesi sendiri, berpuasa sangat membantu membantu gula darah yang tinggi menjadi normal.

Manfaat puasa yang ke tiga yaitu berguna untuk menurunkan berat badan. Ini bermanfaat terutama bagi yang merasa kegemukan. Ketika makan berlebihan, maka gula akan disimpan oleh liver dalam bentuk glikogen. Jika berlebihan glukosa akan berubah menjadi lemak yang kemudian akan disimpan terutama di bawah kulit. Lama kelamaan simpanan lemak itu akan menumpuk. Dengan berpuasa, tubuh membongkar cadangan glikogen yang berada di liver. Jika cadangan glikogen sudah menipis tubuh akan menggunakan timbunan lemak sebagai sumber energi. Walhasil timbunan lemak akan berkurang dan berat badan akan turun. Bukan hanya itu, tingginya kadar lemak darah, kolesterol dan trigliserida akan berkurang.Semua manfaat puasa itu dapat diperoleh jika dilakukan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dan mematuhi ilmu kesehatan. Puasa, kata Rasulullah SAW, bukan hanya menahan lapar dan dahaga di siang hari. Tapi lebih dari itu, puasa adalah pengendalian diri secara utuh. Pada saat azan berkumandang tradisi dan budaya kebanyakan orang di Indonesia sering kali seperti “balas dendam” dalam cara berbuka. Padahal Nabi mengajarkan “ Makan dan minumlah, tapi jangan berlebihan”. Memang uniknya buat sebagian masyarakat, bulan puasa identik dengan bulan makanan. Bahkan pada bulan puasa kita malah makan lebih banyak dari hari biasanya dan itu sangat keliru.

Agar manfaatnya optimal, kita bisa menjalankan ajaran Nabi dengan apa yang dianjurkan oleh dokter. Resep pertama, jangan tinggalkan sahur. Pesan Nabi, “Bersahurlah, karena di dalam sahur ada berkah”. Namun waktu bersahur juga jangan terlalu jauh dengan waktu imsak agar efek sahur tidak lekas hilang. Usahakan sahur dengan makanan yang rendah karbohidrat sederhana dan makanlah makanan berserat lainnya agar proses pengubahan karbohidrat menjadi glukosa oleh insulin tidak terlalu cepat. Insulin berfungsi mengirim glukosa ke sel, jika sahur terlalu banyak makan yang manis-manis dan tidak berserat justru memicu akan mudah lapar pada siang harinya.

sumber: majalah intisari


Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...