menciptakan anak cerdas

Menciptakan anak yang cerdas

ANEKA INFO

Anak adalah buah hati orang tuanya, yang berarti setiap orang tua pasti menginginkan sang buah hati mendapatkan kebaikan dari semua aspek, termasuk aspek kesehatannya. Pertumbuhan kesehatan dan kecerdasan anak merupakan tanggung jawab orang tua. Mengapa demikian?, karena orang tua-lah yang harus menentukan semua cara ataupun metode yang harus diberikan pada anaknya.

            Berbagai cara pasti akan dilakukan orang tua untuk memenuhi kebutuhan anaknya, baik kebutuhan makanan maupun asupan gizi serta vitamin yang perlu untuk pertumbuhannya.  Cara bersosialisasi, berbagai pelajaran serta motivasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan anak.

            Anak yang cerdas sudah pasti merupakan harapan besar orang tuanya, namun perkembangan kecerdasannya akan sangat berguna bukan hanya bagi dirinya atau orang tuanya saja tapi bagi lingkungannya bahkan negaranya.

            Ada berbagai cara yang bisa dilakukan orang tua untuk “mencetak” anak yang cerdas, berikut ini beberapa tips dari berbagai macam cara yang bisa dijadikan masukan serta dilakukan para orang tua dalam usaha “mencetak” anak yang cerdas dan sehat:

  1. Memberi ASI pada masa bayi. Menyusui terbukti memberikan efek yang positif bagi si kecil, ASI memenuhi kebutuhan nutrisi, membentuk kekebalan tubuh bahkan meningkatkan kemampuan kognitif. Menyusui juga sangat penting dalam membentuk proses hubungan ibu dan anak.
  2. Berikan makanan yang sehat. Makanan sehat adalah makanan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Makanan sehat ini terdiri dari karbohidrat, lemak, protein dan vitamin serta mineral seperti zat besi dan kalsium. Makanan sehari hari yang memenuhi nutrisi ini terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk, buah dan susu atau lebih dikenal dengan makanan empat sehat lima sempurna.
  3. Ajak berolahraga. Olahraga memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan, membantu merangsang otot-otot untuk bergerak, bahkan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar yang memicu metabolisme tubuh menjadi optimal.
  4. Berikan permainan yang melatih otak. Perkembangan otak (terutama balita) banyak dipengaruhi berbagai hal, seperti nutrisi dan stimuli (rangsangan) yang dilatih atau aktivitas-aktivitas yang dapat membantu perkembangannya. Banyak permainan yang bermanfaat bagi perkembangan otak anak, misalnya permainan puzzle, mencari persamaan gambar, memcocokan bentuk, menyusun balok dan masih banyak lagi yang lain.
  5. Arahkan Hobi pada anak. Hobi merupakan sesuatu yang disenangi dan sering dilakukan. Mengarahk hobi yang positif pada anak, seperti membaca misalnya, menambah wawasan dan meningkatkan kognitif anak.

 

Masih banyak cara yang bisa dilakukan orang tua yang bisa memberikan kecerdasan pada anaknya. Satu hal yang paling penting yang jangan sampai terlewatkan adalah kasing sayang orang tua pada anaknya.  Rasa cinta orang tuia pada anaknya merupakan modal awal dari semua perlakuan tehadap anak.


Trending Post

  • Resensi Film

    +
    film

    Film thriller dan berita film terbaru.

    Read more ...
  • Musik

    +
    info musik

    Info musik dalam negeri dan musik luar negeri.

    Read more ...
  • Komputer

    +
    komputer dan laptop

    Info komputer dan laptop terbaru. Asus, Toshiba, Acer, Apple dll

    Read more ...